Rabu, 11 Juni 2008

PEMBELAJARAN INTERNET DI PONDOK PESANTREN HASYIM ASY'ARI BANGSRI JEPARA SEMESTER KE II


Peran pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis keagamaan yang mempunyai jaringan luas terhadap komunitas sekitarnya sangat penting, terutama dalam dunia yang mengglobal. Dalam upaya melepaskan belenggu kebodohan dan kemiskinan peran strategis pesantren dalam bidang pendidikan dapat dihandalkan. Dengan mengoptimalkan peran teknologi terkini dan memadukan sumberdaya yang dimiliki pesantren proses pendidikan terbuka (open learning) dan pendidikan jarak jauh (distance learning) dapat dijadikan upaya strategis dan taktis. Pesantren diharapkan mampu mentransformasikan komunitas Muslim di dalam dan luar pesantren menjadi komunitas yang terbuka, modern, berpengetahuan dan berketrampilan, serta melek teknologi.

Minimnya penggunaan IT (teknik informatika) di lingkungan pondok pesantren menjadi problem utama dalam dunia yang mengglobal saat ini. Hal ini menyebabkan sistem pembelajaran pendidikan di ponpes berjalan sangat lamban. Khususnya dalam hal pengembangan akses jaringan. Menteri Komunikasi dan Informatika (menkoinfo) Prof Dr.Ir M. Nuh DEA dalam sambutannya di peresmian Internet Pendidikan Pondok Pesantren Malang Raya (IP3M) mengharapkan, “Kami minta Ponpes bisa menyediakan komunitas internet pendidikan seperti yang dilakukan di SMK plus Al Maarif”.

Dari pemikiran dan harapan diatas, apa yang dilakukan oleh ICIP yang bekerjasama dengan pesantren dalam upaya pengembangan pesantren lewat teknologi adalah sangat tepat. Hal ini sangat membantu pengembangan pesantren sebagaimana yang terjadi pada pesantren hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menaungi pendidikan formal (MA-MTs Hasyim Asy’ari), Ponpes Hasyim Asy’ari bisa menfasilitasi kegiatan pembelajaran dan sekaligus praktek ITC bagi santri siswanya.

MEMAKSIMALAKAN PEMBELAJARAN INTERNET

Pembelajaran ITC di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari dapat lebih maksimal sejak program pengembangan pesantren dibidang ITC dilaksanakan dengan kerjasama Pesantren dan ICIP. Para santri dengan jadwal yang telah ditentukan dapat mengakses internet secara gratis dan maksimal. Bukan hanya santri Ponpes Hasyim Asy’ari saja yang dapat mengaksesnya, tetapi juga para santri dari pesantren sekitar dan siswa-siswi MTs-MA Hasyim asy’ari Bangsri Jepara. Bahkan, masyarakat sekitar juga bisa ikut mengaksesnya, yaitu pemuda warga RW. 6 bangsri.

Khusus untuk siswa Madrasah Aliyah hasyim Asy’ari Bangsri Jepara yang telah selesai mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) diadakan pendalaman materi ITC. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 17 Mei sampai 14 Juni 2008 ini bertujuan selain bertujuan untuk mengisi waktu luang siswa yang sedang menunggu hasil pengumuman UAN, juga bertujuan untuk membekali siswa ketrampilan dibidang ITC. Kegiatan yang diselenggarakan setiap hari mulai dari jam 7 30 sampai jam 13.45 wib ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Dengan adanya kegiatan pendalam ITC ini diharapkan siswa yang yang sedang menunggu pengumuman kelulusan, tidak terlalu panik dan cemas karena padatnya kegiatan.

Khusus untuk mengisi liburan para santri, pesantren mengadakan lomba pembuatan blog yang diikuti oleh para santri. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotifasi santri agar menekuni teknologi informasi setelah mereka mendapatkan pelajaran internet dasar.

UJIAN AKHIR SEMESTER

KEJAR PAKET C PONPES HASYIM ASY’ARI BANGSRI

Mulai tanggal 9 - 19 Juni 2008, Kejar Paket C ponpes Hasyim Asy’ari Bangsri menggelar Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2007/2008. Sebenarnya ini merupakan kegiatan pelaksanaan Ujian 2 (dua) semester sekaligus, yaitu Ujian Semester Ganjil yang dilaksanakan mulai tanggal 16 – 19 Juni 2008 dan Ujian Semester Genap dilaksanakan sesudahnya, yaitu tanggal 9 -13 Juni 2008. Belum dilaksanakannya Ujian Semester Ganjil dikarenakan pelaksanaan Kejar paket C Ponpes Hasyim asy’ari Bangsri dimulai bulan Desember 2007. semesteran yang diikuti oleh 19 peserta warga belajar ini tidak dilaksanakan di ruang KBM (Ruang Internet) seperti biasa, tapi semesteran ini dilaksanakan di ruang kelas MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Hal ini dikarenakan ruang internet yang biasa untuk KBM terlalu sempit dan penuh dengan peralatan komputer sehingga tidak representatif untuk ujian semester.

Pelaksanaan Ujian akhir Semester Kejar Paket C Ponpes Hasyim As’ari Bangsri agak terlambat. Ujian yang seharusnya dilaksanakan tanggal mulai 2 juni 2008, dilaksanakan seminggu kemudian, yaitu 9 Juni 2008. Keterlambatan ini dikarenakan Kejar Paket C Ponpes Hasyim Asy’ari Bangsri menerina informasi kepastian waktu Semesteran dari Diknas tanggal 30 Mei 2008 sehingga belum ada persiapan untuk itu.

Dalam kegiatan Semesteran ini, ada kendala dalam mengerjakan soal-soal dari DINAS P dan K Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, masalah-masalah tersebut adalah sebagai berikut;

Soal Matematika

Jadwal pelaksanaan Ujian matapelajaran Matematika pada hari pertama jam pertama, Senin 9 Juni 2008 pukul 19.00 – 20.50 wib. Warga belajar sangat kesulitan dengan soal-soal dari Diknas, baik dari sisi jumlah soal maupun bobot soal. Terlalu banyak karena soal ujian semester sekolah formal hanya 40 soal dengan pembagian 35 pilihan ganda dan 5 isi. Sedangkan soal yang dikeluarkan untuk oleh Diknas untuk materi Matematika Kejar Paket C berjumlah 50 pertanyaan yaitu 45 unuk pilihan ganda dan 5 pertanyaan untuk isi. Padahal waktu yang diberikan relatif sama, yaitu dua jam (120 menit). Minimnya pertemuan dan tidak sesuainya modul dengan pertanyaan, juga menjadi kendala serius bagi warga belajar.


Soal PPKN

Untuk PPKN diujikan pada tanggal 9 juni 2008 jam kedua 21.10 – 23.00 wib. Untuk soal PPKN warga belajar tidak banyak mengalami kesulitan, mungkin semua itu karena PPKN adalah kejadian keseharian yang bisa dicerna lebih mudah.


Soal Sejarah

Mata pelajaran Sejarah, diujikan pada hari kedua, selasa 10 Juni 2008 pada jam pertama, 19.00 – 20.50 wib. Untuk soal sejarah, warga belajar mengalami banyak kesulitan. Hal ini karena tidak adanya SKL (Standar Kelulusan). Warga belajar banyak yang tidak bisa mengerjakan soal selain karena kendala diatas juga pertanyaan-pertanyaan yang disodorkan sangat komplek. Padahal modul sekolah formal tidak sekomplek pertanyaan-pertanyaan yang ada di lembar soal Ujian Paket C. Untuk kedepan diharapkan ada kejelasan SKL yang dijadikan acuan standar untuk Kejar Paket C.


Biologi

Mata pelajaran Biologi diujikan pada kedua, Selasa 10 Juni jam ke-dua, 21.10 – 23.00 wib. Untuk materi-materi soal 70% sudah sesuai dengan modul. Tapi kendala tetap sama demgan kendala umum yang terjadi, yaitu minimnya jam pertemuan mengakibatkan tidak semua item modul dapat dipelajari dengan sempurna.


Ekonomi

Mata pelajaran Ekonomi diujikan pada ke-tiga, Rabu, 11 Juni jam ke-dua, 19.00 – 20.50 wib. Untuk materi-materi pertanyaan 80% sudah sesuai dengan modul. Tapi kendala tetap sama demgan kendala umum yang terjadi, yaitu minimnya jam pertemuan mengakibatkan tidak semua item modul dapat dipelajari dengan sempurna. Sulitnya menambah jam, karena dari warga belajar yang mayoritas kerja di pabrik, menjadi kendala tersendiri bagi kami.


Kimia

Mata pelajaran Kimia diujikan pada ke-tiga, Rabu, 10 Juni jam ke-dua, 21.10 – 23.00 wib. Untuk materi-materi soal 70% sudah sesuai dengan modul. Tapi kendala tetap sama demgan kendala umum yang terjadi, yaitu minimnya jam pertemuan mengakibatkan tidak semua item modul dapat dipelajari dengan sempurna.


Rencana liburan semester

Kami dari Kejar Paket C Ponpes Hasyim Asy’ari Bangsri berencana mengadakan Pelatihan kewirausahaan tentang peternakan ayam. Sebenarnaya pelatihan ini sudah direncanakan bulan lalu, tapi karena beberapa hal, pelaksanaan pelatihan tersebut ditunda. Kami merencanakannya awal bulan juli. Kami merasa pelatihan ini sangat penting untuk membekali warga belajar dengan life skill untuk bekal kehidupan warga belajar di masyarakat. Narasi ini akan kami kembangkan sesuai dengan perkembangan yang ada.

3 komentar:

sony mengatakan...

salam dari kami
www.man2jepara.com

Richy mengatakan...

Sucses Wat MAHABA

choirul mengatakan...

MAHABA, JANGAN HANYA AKADEMIK SAJA YANG MAJU, EXTRA KURIKULERNYA DIGERAKKAN YA....
GO FOR ANAK2 OSIS MAHABA....AKU MENDUKUNG KALIAN SEMUA...

Pengunjung ke

Kontak

Alamat: